Minggu, 23 November 2008

Andai Aku Jadi Guru

Setelah lulus SMA nanti (Amiin).Setelah aku kuliah di Jurusan, Fakultas, dan Universitas yang aku inginkan dengan predikat cum laude, (karena hal itu yang selalu jadi cita- cita dan impian sejak dulu) aku ingin menjadi guru.Mendapat kepercayaan itu (menjadi guru) adalah hal yang menbanggakan sekaligus mengharukan. Karena dengan begitu aku bisa mengabdikan diri, mengamalkan ilmu,serta ikut berpartisifasi dalam pengembangan generasi muda yang akan berperan dalam pengembangan negara juga agama.

Sebagaimana kita ketahuai bahwa Sumber Daya Manusia kita lemah.Maka aku bercita-cita dengan menjadi guru aku bisa membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di negara kita.

Bukankah suatu negara tidak akan maju apabila generasi mudanya tidak berkualitas??.
Kembali pada cita-citaku jadi guru.

Jika nanti aku menjadi guru, aku ingin menjadi seorang guru yang mempunyai dedikasi dan loyalitas yang tinggi. Aku tidak mau profesiku menjadi guru hanya menjadi bentuk pencapaian atas profesiku saja.

Membanyangkan menjadi guru selalu membuatku bersemangat, predikat pahlawan tanpa tanda jasa melejitkan semangatku dalam pencapaian cita-cita itu. Meski hanya sebuah predikat, tapi tanpa adanya guru tak akan ada presiden ataupun mentri yang berkualitas, mereka dilahirkan dari jerih payang seorang guru, meskipun pada kenyataannya penghargaan terhadap guru bari dirasakan belum lama ini.

Bila saatnya nanti, aku akan menjadkan nuansa belajar yang menyenangkan bagi anak-anak didikku, karena dengan begitu mereka akan merasa nyaman belajar denganku.Sehingga pelajaran yang aku sampaikan akan mudah mereka serap.Selain itu aku ingin aku tidak hanya menjadi guru bagi mereka tapi sekaligus orang tua dan sahabat. Sehingga mereka tidak akan segan berbagi denganku. Dengan menjadi teman bagi mereka setidaknya bisa membatu mereka dengan menjadi pendengar sekaligus penasehat yang baik bagi mereka. Sedangkan menjadi orang tua bagi mereka bisa membantu mereka merasa aman di dekat kita.

Selian hal itu aku mempunyai planning agar kegiatan belajar mengajar lebih mudah, enjoy, praktis dan bisa bersaing dengan lembaga pendidikan lain. Aku akan menerapkan moving class, praktek langsung, sekaligus tidak mematok harus belajar dimana, seperti metode yang dikembangkan oleh sekolahku tercinta. Karena yang aku rasakan metode itu banyak ,memabantu menghilangkan kejenuhan ketika belajar.Praktek - praktek juga akan berpengaruh bagi pengembangan keilmuan siswa, karena biasanya siswa lebih mudah mengingat apa yang mereka kerjakan daripada apa yang mereka dengar. Praktek-praktek bisa dilakukan dengan mengunjungi intasi atau objek yang berkaitan dengan materi yang diajarkan.
Selain itu akupun akan memanfaatkan kemajuan tekhnologi untuk mendukung kegiatan belajar - mengajar. Karena dengan menguasai tekhnologi anak- anak akan lebih mudah mengembangkan keilmuan mereka. Apa yang mereka tidak ketahui bisa mereka cari dengan bantuan kemajuan tekhnologi.
Hal lain yang ingin aku kembangkan adalah segi bahasa, meskipun dila kenyataannya aku bukan guru di bidang bahasa. Aku akan menggunakan bahsa asing sebagai bahasa pengantar sekaligus bahasa yang digunakan dalam penyampaian materi pelajaran, karena dengan begitu anak- anak bisa mengenal bahasa asing, tidak hanya ketika mereka berada di kelas bahasa saja tetapi di kelas lain terutama di kelasku.
Bahasa asing juga bisa bermanfaat bagi mereka di masa depan, setelah lulus sekolah mungkin atau setelah kuliah atau bahkan ketika mereka terjun ke dunia kerja dan masyarakat.Apalagi saat ini, dunia kerja sangant membutuhkan orang yang kompeten dalam berbahasa asing.
Sebenarnya selain hal-hal yang aku sebutkan diatas masih banyak planning lain yang ingin aku kemangkan diantaranya selalu menerapkan nilai-nilai kesolehan pada mereka, sehinggak mereka akan seimbang antara iptek dan imtaq.

Tidak ada komentar: